Rabu, 20 Juni 2012

Penjelasan CEK

CEK

Pengertian CEK
=

· Pengertian cek adalah surat perintah tanpa syarat dari nasabah kepada bank yang memelihara rekening giro nasabah tersebut, untuk membayar sejumlah uang kepada pihak yang disebutkan di dalamnya atau kepada pemegang cek tersebut
Syarat hukum dan penggunaan cek sebagai alat pembayaran giral seperti yang diatur di dalam KUH Dagang pasal 178 yaitu :
· pada surat cek harus tertulis perkataan "CEK"
· surat cek harus berisi peri ntah tak bersyarat untuk membayar sejumlah uang tertentu .
· nama bank yang harus membayar (tertarik)
· penyambutan tanggal dan tempat cek dikeluarkan
· tanda tangan penarik.
Syarat lain :
· tersedianya dana
· ada materai yang cukup
· jika ada coretan atau perubahan harus ditandatangani oleh si pemberi cek
· jumlah uang yang tertulis diangka dengan huruf haruslah sama.
· memperlihatkan masa kedaluarsa cek yaitu 70 hari setelah dikeluarkannya cek tersebut
· tanda tangan atau stempel perusahaan harus sama dengan yang ada di specimen (contoh tandatangan)
· tidak diblokir pihak berwenang
· resi cek sudah kembali
· endorsment cek benar, jika ada
· kondisi cek sempurna
· rekening belum ditutup
· dan syarat-syarat lainnya
Jenis-jenis Cek
1. Cek Atas Nama
· Merupakan cek yang diterbitkan atas nama seseorang atau badan hukum tertentu yang tertulis jelas di dalam cek tersebut. Sebagai contoh jika didalam cek tertulis perintah bayarlah kepada : Tn. Roy Akase sejumlah Rp 3.000.000,- atau bayarlah kepada PT. Marindo uang sejumlah Rp 1.000.000,- maka cek inilah yang disebut dengan cek atas nama, namun dengan catatan kata "atau pembawa" dibelakang nama yang diperintahkan dicoret.
2. Cek Atas Unjuk
· Cek atas unjuk merupakan kebalikan dari cek atas nama. Di dalam cek atas unjuk tidak tertulis nama seseorang atau badan hukum tertentu jadi siapa saja dapat menguangkan cek atau dengan kata lain cek dapat diuangkan oleh si pembawa cek. Sebagai contoh di dalam cek tersebut tertulis bayarlah tunai, atau cash atau tidak ditulis kata-kata apa pun.
3. Cek Silang
· Cek Silang atau cross cheque merupakan cek yang dipojok kiri atas diberi dua tanda silang. Cek ini sengaja diberi silang, sehingga fungsi cek yang semula tunai berubah menjadi non tunai atau sebagai pemindahbukuan.
4. Cek Mundur
· Merupakan cek yang diberi tanggal mundur dari tanggal seka­rang, misalnya hari ini tanggal 01 Mei 2002. Sebagai contoh. Tn. Roy Akase bermaksud mencairkan selembar cek dan di mana dalam cek tersebut tertulis tanggal 5 Mei 2002. jenis cek inilah yang disebut dengan cek mundur atau cek yang belum jatuh tempo, hal ini biasanya terjadi karena ada kesepakatan antara si pemberi cek dengan si penerima cek, misalnya karena belum memiliki dana pada saat itu.
5. Cek Kosong
· Cek kosong atau blank cheque merupakan cek yang dananya tidak tersedia di dalam rekening giro. Sebagai contoh nasabah Tn. Rahman Hakim menarik cek senilai 60 juta rupiah yang tertulis di dalam cek tersebut, akan tetapi dana yang tersedia di rekening giro tersebut hanya ada 50 juta rupiah. Ini berarti kekurangan dana sebesar 10 juta rupiah, apabila nasabah menariknya. Jadi jelas cek tersebut kurang jumlahnya dibandingkan dengan jumlah dana yang ada.



contoh CEK.


Cek harus memenuhi syarat formal sebagai berikut :
1. Nama "Cek" harus termuat dalam teks;
2. Perintah tidak bersyarat untuk membayar sejumlah uang tertentu;
3. Nama pihak yang harus membayar (tertarik);
4. Penunjukan tempat dimana pembayaran harus dilakukan;
5.  Pernyataan tanggal beserta tempat Cek ditarik;
6.  Tanda tangan orang yang mengeluarkan Cek (penarik).
** Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada lampiran contoh Cek dalam Ketentuan SE Warkat No 8/35/DASP tgl 22 Des 2006 perihal Warkat Debet dan Dokumen Kliring serta Percetakannya pada Perusahaan Percetakan Warkat dan Dokumen Kliring (PPWDK) dalam Penyelenggaraan Sistem Kliring Nasional. SE Warkat ini mencabut SE sebelumnya tahun 2004 perihal yang sama.


Mekanisme Proses
Hihooo Alhamdulillah hari ini saya bisa sempatkan sedikit jam makan siang saya untuk membuat postingan tentang Cara Mencairkan Cek Dari Bank Luar Negeri, khususnya teman-teman bloger yang kesulitan untuk mencairkan cek adsense, amazon atau clickbank dan cek luar negeri lainnya saya punya sedikit pengalaman tentang ini.

Bagi yang suka memonetize blog moment payout adalah moment yang sangat ditunggu-tunggu entah itu bersumber dari adsense atau program affiliasi (untuk sebagian para advertiser mungkin sudah beralih menggunakan Western Union), sebagaimana kita ketahui kebanyakan produk monetizing blog yang betul-betul bisa diandalkan sebagai penghasil  pundi-pundi uang berasal dari luar negeri dan mau tidak mau hal ini membuat proses pembayarannya tidak akan secepat dan semudah transaksi di dalam negeri karena sebagian besar bank luar belum memiliki kerjasama yang menyebabkan kendala dalam hal transfer/wiring.

Sebagai cara pembayaran alternatif lainnya cek adalah cara termudah selain Western Union sebagai alat untuk  mencairkan uang yang menjadi hak kamu setelah bersusah payah mengerjakannya, tapi lagi-lagi ada kendalanya yaitu proses administrasinya yang lumayan jelimet dan memakan waktu lama.

Dari pengalaman terakhir saya dalam mencairkan cek ternyata kebanyakan bank besar yang sudah mempunyai nama malah memiliki proses yang jelimet seperti waktu pencairan yang lama, potongan biaya administrasi yang cukup besar, dan persyaratan lainnya yang cukup membuat kita berfikir dua kali untuk mencairkan uangnnya. 

Tapi jangan khawatir saya punya referensi Bank yang sedikitnya bisa mempermudah prosesnya, kalau kata saya sih bank ini terbilang paling ga ribet dibanding sama yang lainnya, ini bukan promosi loh saya cuma pengen berbagi saja :P bank yang saya maksud ini bernama Bank Kesawan. Mungkin kamu masih awam mendengar nama bank ini karena saya pun sebelumnya sama-sama awam, emang sih kalau dibandingkan bank yang lainnya bank ini termasuk kecil dan tidak terkenal tapi dalam hal pelayanan saya beri bank ini dua jempol deh :D.

Cara mencairkannya mudah loh kamu hanya tinggal mengisi formulir inkaso saja, waktu pencairannya pun paling cepat dibanding bank lainnya yaitu hanya 2 sampi 3 minggu saja, biaya administrasinya cuma $20 saja gan yagn kalau di bank lainnya bisa mencapai $30-$50 dan harus dibayar dimuka sedangkan di bank kesawan kamu membayar kalau sudah cair nanti,  yang lebih membuat hati saya jatuh cinta dengan bank ini adalah kita tidak harus punya rekening disana alias bisa dicairkan cash :D nah tunggu apalagi kalo lagi bingung cari bank buat cairin cek kamu tinggal cabut deh ke Bank Kesawan.


alur cek

Sumber :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar